Rabu, 16 Januari 2008

SRI Indonesia - Peluncuran


IPB LUNCURKAN FORUM INA-SRI Bogor, 16/1 (ANTARA) - Institut Pertanian Bogor (IPB), Rabu, meluncurkan Indonesian-SRI (Ina-SRI), sebagai forum komunikasi untuk pertukaran informasi antara pemangku-kepentingan (stakeholder) dalam System of Rice Intensification (SRI).

Penggagas forum komunikasi tersebut adalah Prof Dr Iswandi Anas, anggota Japan-SRI yang juga dosen Fakultas Pertanian IPB. Dalam seminar mengenai SRI yang digelar di kampus IPB, Bogor, Iswandi mengatakan, forum ini digunakan sebagai wadah untuk menghimpun informasi mengenai SRI baik dari peneliti, praktisi, LSM, pengambil kebijakan maupun informasi dari petani.

"Ina-SRI sifatnya non profit dan tidak berafiliasi dengan institusi tertentu untuk menghindari keengganan masyarakat masuk menjadi anggota," katanya.

Namun untuk sementara, basis forum ini berkedudukan di IPB. Menurut Iswandi, keuntungan bergabung dengan forum tersebut, anggota bisa memperoleh informasi seputar SRI dalam diskusi-diskusi.

Anggota forum didorong untuk dapat mengakses dan menyampaikan informasi yang berkenaan dengan metode SRI. Oleh karena forum serupa sudah terbentuk di beberapa negara, maka Ina-SRI akan menjalin kerjasama untuk pertukaran informasi dengan forum komunikasi serupa di negara lain, kata dia. SRI adalah sistem budidaya padi yang mampu meningkatkan produktivitas tanaman dengan cara mengubah pengelolaan tanaman, tanah, air dan unsur hara.

Metode yang telah dikembangkan di kawasan Indonesia timur sejak beberapa tahun lalu itu terbukti mampu meningkatkan produksi beras hingga rata-rata 78 persen. (T.S022/C/A035/ C/A035) 16-01-2008 19:54:05 NNNN


1 komentar:

Edi mengatakan...

Pak IAC depan Pa Bayu namanya Pak Daday pegawai kelurahan Cibatok Leuwiliang nah yg baju biru itu saya yang kirim email ke bapa, karyawan yg peduli ingin merubah dan membantu pertanian di Indonesia payables kalo kita menyebut Indonesia Waaah itu lho Negara AGRO terbesar di DUNIA.